ketika makna keadilan dipertanyakan

Hidup itu adil. Yah, saya tahu bahwa hidup memang adil diciptakan oleh sang Pencipta. Tapi tetap saja saya belum bisa melihat bahwa hidup itu memang demikian adil. Adil yang bagaimana yang harus kita ciptakan?adil yang seperti apa yang dibayangkan setiap orang?

Kalo kita mau bicara adil, kenapa harga bakso yang gerobak hanya 5000 rupiah, sedangkan di mall ter’gaul’ di kota bandung bisa mencapai 20 ribu?dan lebih banyak yang beli yang 20 ribu malah.

adil, makna adil yang mana ketika kita lebih memilih korporasi asing untuk bekerja padahal industri dalam negeri sedang loyo-loyonya?

berbicara adil tapi kok nongkrongnya di bioskop melulu ya, tiap minggu bayar 25 ribu; padahal di dekat kampus saya ada bapak tua yang berjualan amplop berjumlah 24 biji dengan harga cuma seribu rupiah. Bapak yang ketika ada yang membeli 5000 rupiah, mengucapkan alhamdulillah berulang-ulang.

mari semua bicara adil, tapi tidak ada yang melaksanakan adil karena lebih memilih membeli donat buatan Amerika berharga 7000 dibanding donat yang dijual -seorang anak kecil yang berjualan untuk biaya sekolah- dengan harga cuma 2000 rupiah?

semua teriak “ADIL!” karena memang kalian cuma bisa teriak, tapi bahkan tak tahu bahwa masih ada seorang pengamen cilik di perempatan ‘kawasan fashion up to date di kota bandung’ yang belum makan seharian kedinginan kehujanan dan naasnya ia putus sekolah.

Karena semua orang memang bisa ngomong, tapi tidak semua orang bisa ngomong sembari melakukan sekaligus. Memang banyak orang yang berkoar-koar tentang rakyat, sejahtera bla bla tapi interaksi dengan mereka pernah gak?hehe…g pernah ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s