Prediksi Partai Pada Pemilu 2009(part 2)

6. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Konflik internal jelas terlihat di partai ini, apalagi memang hal ini benar-benar diekspos oleh media massa. Konflik dua kubu antara Muhaimin Iskandar dengan mertuanya Abdurrahman Wahid. Yang pada ujung-ujungnya, membuat PKB ini terpecah menjadi dua versi, versi Muhaimin dan versi Gus Dur. Akhirnya ketika diputuskan di pengadilan, PKB versi Muhaimin lah yang dianggap sah secara konstitusional. Dulunya, basis massa PKB jelas datang dari warga NU. Akan tetapi, sekarang jelas tidak bisa semudah itu, karena NU sendiri telah memiliki partai baru, yaitu PKNU. PKB sendiri masih bisa berharap pada suara orang-orang yang fanatis terhadap Gus Dur untuk dulangan suara di pemilu ini.

7. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Partai amat lawas, dengan muka cukup baru. Kader-kader lamanya sudah cukup tenggelam, macam Hamzah Haz. Diganti dengan kader-kader fresh yang terlihat cukup tangguh seperti Suryadharma Ali contohnya, yang sukses sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di kabinet SBY.  Untuk mengusung capres sendiri jelas sulit bagi partai ini, maka karena itu partai ini sangat mungkin berkoalisi dengan partai lain, mungkin dengan Demokrat. Dulangan suara akan berebut dengan PKS dan PAN, karena basicnya yang hampir serupa. Apalagi partai ini juga pecah dengan adanya Partai Bintang Reformasi.

8. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Partai ini adalah partai baru, dan iklan-iklannya yang seolah tiada henti muncul terutama di media televisi ternyata dengan sukses mendongkrak pamor dan simpati rakyat Indonesia terhadap partai ini. Apalagi iklan partai ini terkesan tidak murahan dan memuat konten-konten yang terlihat cerdas serta pro-rakyat. Prabowo Subianto adalah figur utama partai ini (yang sudah sangat jelas terlihat dari iklan partai) dimana berkat harta nya yang melimpah lah yang membuat partai ini bisa berjalan sampai sekarang. Partai ini jelas menjadi kuda hitam yang sangat agresif bagi partai-partai lawas nan mapan. Gerindra dan Prabowo nya jelas telah naik pamor, mencuri perhatian masyarakat. Sekarang tinggal bagaimana pamor yang ada ini diikuti dengan kontribusi yang benar-benar nyata dari mereka.

9. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Partai baru juga yang didirikan oleh Wiranto. Tidak seperti Gerindra, partai ini tidak memiliki sokongan dana yang benar-benar besar. Tapi toh partai ini cukup punya pamor di masyarakat. Mungkin karena figur Wiranto masih punya kharisma dan wibawa di mata bangsa ini. Hal ini menjadikan Hanura seperti partai yang ‘One Man Show’ alias Wiranto-sentris. Tapi memang tidak salah, karena partai ini sendiri didirikan memang untuk mendaulat dan menyokong pak Wiranto sebagai calon presiden untuk periode 2009/2014. Nah, kita lihat saja apakah Hanura bisa menembus ambang batas minimal yang diberikan untuk capres yang maju yaitu sebesar 20% suara.

Well, inilah partai-partai yang mungkin akan mewarnai lebih dalam pada pemilu kali ini. Maka apakah sikap kita sekarang?sudah kah kita menetapkan partai manakah yang akan kita pilih? atau kita memilih untuk ‘tidak memilih’ alias golput?terserah, itu adalah hak diri masing-masing. Yang jelas PR besar bagi bangsa ini masih banyak, dan kita bisa memulai untuk bersumbangsih, sekecil apapun itu.

2 responses to “Prediksi Partai Pada Pemilu 2009(part 2)

  1. koreksi
    muhaimin iskandar tuh keponakannya gusdur, bukan menantunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s