Wisata Kuliner Bakso di Kota Malang

Berbicara wisata kuliner pikiran kita pasti langsung terasosiasi dengan Pak Bondan. Ya, kita memang berbicara hal yang sejenis, bedanya yang menyicipi masakan-masakannya adalah saya sendiri. Jadi, saya adalah warga Malang. Sehingga sebagai penduduka Malang yang baik, tentu saja saya sering berkeliling kota sekedar mengetahui tempat-tempat yang enak dalam sisi makanan. Dan lebih sempit lagi, yang kita bahas adalah bakso, jenis makanan yang sudah diasosiasikan dengan kota Malang ini sendiri.

1. Rumah Makan Bakso ‘President’

Gerai utamanya terletak di sebelah rel kereta api, dan di belakang pusat perbelanjaan Mitra 2. Pelopor dan perintis usaha rumah makan Bakso Malang. Rasanya sangat khas dan memiliki porsi paling komplet yang pernah saya lihat. Bakso (yang juga disebut pentol)nya besar-besar dan enak banget. Ditambah dengan bakso gorengnya yang gurih, serta ada es campur yang menjadi pelengkap pas buat porsi baksonya. Harganya berkisar 8000-15000 an tergantung porsi yang diambil.

2. Bakso Kota Cak Man

Kalo warung Bakso merk ini sudah tersebar di mana-mana di Malang. Bahkan gerainya telah banyak dibuka di wilayah Jadetabek (saya pernah melihat di wilayah Bintaro dan BSD) dan Bandung. Dulu bakso ini yang paling terkenal di Malang. Akan tetapi, kata orang-orang rasa bakso ini mulai pudar dan tidak seenak dulu lagi. Bahkan ada yang bilang kalau sekarang cuma rasa vetsin saja (maaf ya!serius ini bukan black campaign, ini benar2 kata orang!). Menurut saya sih, memang tidak seenak dulu lagi, tapi saya merasa masih di atas rata-rata rasa warung bakso yang lain. Akibat terlalu banyak gerainya, malah merk ini tidak jadi ekslusif lagi, sehingga pelanggan (terutama orang luar kota) lebih memilih bakso-bakso lain sebagai tempat kuliner mereka ketika mereka berkunjung ke Malang.

3. Bakso Damas

Bakso Damas juga mulai membuka cabang-cabang, walaupun belum banyak. Tapi utamanya tetap di ruasan jalan Soekarno-Hatta, di dekat monumen pesawat. Warungnya kecil, tapi jangan tanya berapa orang yang datang. seringkali tempat ini full oleh orang-orang. Menurut saya, warung bakso ini adalah yang paling maknyus dibanding yang lain, apalagi bila yang dibandingkan rasa goreng-gorengnya. Tahu maksudnya goreng kan? ada banyak macamnya kalau di Damas. Ada yang berlilit usus, ada yang bentuknya standar goreng bakso, ada yang bundar, ada yang panjang bentuk silinder dll. Kuahnya juga yang paling enak dan tidak terasa MSG-nya.

well, ini semua adalah penilaian pribadi saya. Di sini bukan berarti saya ingin menjatuhkan suatu merk atau melebih-lebihkan merk lain, tapi ini murni penilaian lidah saya. Jadi disini ada unsur subyektif-nya juga, bahkan sangat besar. Nah, menurut saya triangle merk bakso inilah yang paling enak di Malang (walaupun ada menurut saya bakso gerobakan yang rasanya juga enak), so buat anda yang pernah ke Malang, bagaimana menurut Anda?

5 responses to “Wisata Kuliner Bakso di Kota Malang

  1. Menurut saya, julukan Malang sebagai kota bakso sekarang harus dipertanyakan. Bakso2 terkenal yg dulu emang enak, sekarang sudah jauh menurun rasanya. Menurut saya bahkan di Surabaya dan Jakarta, lebih banyak bakso yg enak (!). Untuk Bakso President dan Bakso Kota Cak Man, mohon untuk mengembalikan lagi kelezatan yg anda miliki dulu.

  2. Bakso Malang,
    Top banget
    apalagi bakso damas
    wuihhh….
    Yg blg ga enak, kacian banget
    lidah da mati rasa

  3. sing sopo wonge ilate durung tau ngrasakne oskab musmus cak hadi sing gone nok arah candi singosari,,,yoiku wong sing tergolong merugi.iki oskab duduk oskab musmus biasa,,,takjamin oskab paling wenak sak indonesia.aq wani ngomong ngene mergo aq wes tau njajal oskab2 sing jare enak,,,tp nyatane biasa2 wae.lagek oskab musmus cak hadi,ilat q bertekuk lutut.njajalo dewe cak/ning.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s