Prediksi Saya Untuk Final Liga Champions MU vs Barcelona

Tidak lebih dari 2 hari lagi, dan telah dapat dihitung lewat hitungan jam saja partai final Liga Champions 08/09 yang mempertemukan Manchester United melawan Barcelona akan dimulai. Bisa dibilang, partai final ini adalah partai idaman dan telah diharap-harapkan oleh banyak orang. Dua tim dengan karakteristik menyerang dan telah menjadi jawara dalam kompetisi dalam negerinya sendiri.

Dalam bayangan saya, ketika kick-off telah dimulai, para pemain MU akan diinstruksikan oleh Sir Alex untuk bermain lebih hati-hati terlebih dulu. Sebaliknya dengan Barca, dari start saya yakin tim ini sudah akan menjelaskan karakter mereka, menyerang frontal, karena toh tidak ada pilihan lain bagi Barca, memilih bertahan menurut saya adalah langkah bunuh diri dari Don Pep Guardiola.

Peranan Michael Carrick disini akan sangat besar, dia dituntut untuk dapat menyeimbangkan permainan MU dan mencoba mengatur tempo permainan yang akan dibuat tinggi oleh pemain Barca. Kesuksesan MU memainkan tempo menurut saya akan menjadi kunci kemana hasil partai ini akan berakhir. Hal ini bisa dibuktikan dengan suksesnya kolaborasi Lampard-Essien meredam agresivitas permainan Barcelona selama 2 partai pertemuan Chelsea-Barca.

Dalam adu taktik, saya yakin bahwa Sir Alex akan memenangkan duel. Dalam 2 duel melawan Arsenal, Fergie memakai formasi 4-3-3 yang dapat dimodif menjadi 4-5-1 ketika bertahan, meninggalkan Cristiano Ronaldo sendirian di depan. Penempatan Rooney dan Park/Tevez di sayap kiri dan kanan adalah bukti kejituan taktik Fergie. Dan untuk partai final ini, saya yakin ia akan memakai taktik yang sama. Apa pasal?Rooney yang punya daya jelajah tinggi dan stamina yang kuat, akan diplot mengcover pergerakan dinamis Patrice Evra guna menahan laju sang calon terkuat pemain terbaik dunia, Lionel “Messiah” Messi.

Barcelona, tentu akan mengandalkan kekuatan individu pemainnya yang di atas rata-rata. Kejelian playmaker Xavi, lihai gesitnya Messi, jelajah lapangan khas Iniesta, kecepatan Eto’o, dan terampilnya Henry akan menjadi kunci. Iniesta sudah memberi bukti di partai ‘panas’ semifinal kemarin. Dan saya yakin, ia siap memberi bukti lain. Dan satu lagi, faktor motivasi dari sang ‘miskin pengalaman’ Pep Guardiola akan jadi penentu juga.

Jadi, siapakah yang akan keluar sebagai pemenang dan pecundang dalam partai ini?sulit untuk menentukannya. Dari kacamata obyektivitas, saya melihat banyak faktor mengkiblat pada MU sebagai pemenang. Faktor kelengkapan tim(dimana Rafael Marquez, Daniel Alves, dan Eric Abidal dari kubu Barca suspended), head to head kedua tim, dan kota Roma sebagai tuan rumah semua berpihak pada MU. Tapi partai seperti ini bukanlah hitung-hitungan di atas kertas. Sebagaimana sang patron AC Milan Silvio Berlusconi berkata,”faktor keberuntungan akan sangat berperan dalam laga seperti ini!”.

Dan mari, kita nantikan saja siapa yang akan mangangkat piala ini. Apakah MU akan mencetak rekor baru?atau Barca yang akan mengangkat piala ini untuk ketiga kalinya?

Jujur, dalam hati kecil, saya lebih memilih Barcelona keluar sebagai pemenang.

Prakiraan Formasi:
Barca:Valdes; Puyol, Pique, Yaya Toure, Sylvinho;Xavi, Iniesta, Keita; Messi, Eto’o, Henry
MU: Van der Sar; O’Shea, Ferdinand, Vidic, Evra; Carrick, Fletcher, Giggs; Tevez, C. Ronaldo, Rooney

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s