Mencoba Mengulik Novel Bumi Cinta Karya Habiburahman El-Shirazy

Novel ini adalah novel dengan genre romansa religius khas Habiburahman El-Shirazy atau biasa dipanggil kang Abik. Novel ini membuat saya tertarik ketika melihat bahwa setting tempat cerita ini adalah Rusia, terutama kota Moscow. Inilah yang mengesankan novel ini berbeda dengan novel-novel serupa karya kang Abik. Ketika terdahulu lebih banyak ditampilkan tempat-tempat yang religius, homogen, dan cenderung ideal, maka buku ini menampilkan Rusia, negara bekas komunis dengan kultur liberal dan penuh heterogenitas.

Cerita

Cerita ini menampilkan tokoh Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. Muhammad Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin. Tokoh ini diceritakan tampil cukup sempurna (meskipun dituliskan tidak tampan) khususnya dalam kaitannya dengan akhlak seorang muslim.

Dalam keberjalanan cerita, Ayyas dikelilingi oleh tokoh-tokoh wanita(yang oleh novelis selalu ditampilkan cantik). Mari saya sebutkan satu-satu : Di apartemennya, Ayyas tinggal bersama 2 gadis Rusia. Satunya bernama Yelena, seorang pelacur kelas atas Rusia yang mengalami pergolakan batin akan keadaan jiwanya yang kering (akhir cerita ia masuk Islam karena pengaruh Ayyas). Tokoh yang satunya lagi bernama Linor, gadis pemain biola opera yang ternyata adalah agen Mossad Israel yang hendak memfitnah Ayyas dalam peristiwa pemboman hotel mewah di Moscow (tokoh ini juga nantinya masuk Islam, karena ibunya orang Palestina. Ia juga yang menjadi calon istri si Ayyas nantinya). Ada juga pembimbing disertasinya, yaitu seorang doktor muda bernama Anastasia Palazzo, yang menaruh hati pada Ayyas.

Kelebihan

Terlepas dari konsep mainstream novel kang Abik yang terkesan selalu menampilkan hal yang sama, novel ini menyajikan beberapa masalah yang berbeda dibangding AAC maupun KCB (walaupun dalam konteks konfliks utama AAC masih paling unggul). Disini diceritakan tentang persepsi dunia luar terhadap terorisme dan dunia Islam. Lalu bagaimana esktrimnya perbedaan cara pandang hidup orang liberalis dengan muslim. Kisah ini juga dilengkapi dengan peristiwa pembantaian Zionis terhadap muslim Palestina di Sabra dan Sathila .

Keunggulan dari novel ini, seperti halnya novel kang Abik sebelumnya adalah penggambarannya terhadap setting tempat cerita. Ia dapat memunculkan hal-hal paling detail sekalipun dari suatu tempat atau suasana sehingga membawa pembaca seakan-akan ikut berada di tempat itu. Sempilan-sempilah bahasa Rusia juga ikut membantu melarutkan suasana.

Selain itu, muatan dakwah di novel ini masih tetap kental. Sehingga saya yakin akan banyak pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca.  Ending novel yang berkesan menggantung adalah kekuatan dari novel ini juga. Sampai akhir halaman, tidak dijabarkan lebih lanjut tentang bagaimana Linor dapat selamat atau tidak dari peristiwa penembakan. Hal ini yang membuat rasa penasaran yang tinggi bagi pembaca dan memberi ruang bagi pembaca untuk mereka-reka sendiri akhir yang cocok bagi mereka.

Kekurangan

Seringkali kang Abik dalam novelnya (AAC dan KCB) menggantungkan dengan tidak jelas  cerita sampingan dari novelnya. Padahal side story ini cukup mengambil porsi utama cerita. Kita melihat bagaimana di KCB cerita tentang Cut Mala tidak dijelaskan lebih lanjut. Dan di Bumi Cinta ini kisah tentang Anastasia Palazzo juga lenyap tiba-tiba. Padahal dari awal sampai pertengahan cerita, Anastasia sempat mengambil porsi utama interaksi dengan tokoh utama Ayyas. Tokoh ini pasti sudah punya keterikatan dengan pembaca, dan menghilangkan jejak kisahnya menurut saya berarti melepas sebagian keterikatan psikologi pembaca dengan cerita.

Dari segi dialog juga saya melihat banyaknya kejanggalan. Kesan yang ditangkap seperti dipaksakan untuk disisipkan ke dialog-dialog yang ada (seperti misalnya menjelaskan islam panjang lebar dan memasukkan ayat Quran) padahal proporsinya tidak tepat. Hal ini jelas mengganggu karena memunculkan dua hal, yaitu yang pertama dialognya seperti tidak mengalir dan tidak realistis, dan yang kedua kesannya seperti menggurui.

Plot novel ini juga datar-datar saja. Puncak konflik yang saya perkirakan ada pada fitnah Israel ke Ayyas tentang teroris ternyata bisa diselesaikan dengan begitu mudah.

Analisis

Secara kelesuruhan bagi anda penggemar berat novel kang Abik maka anda akan tetap senang membaca novel ini, karena tetap membawa banyak saratan dakwah dan ‘menjual’ mimpi tentang dunia romantikanya. Tapi bagi anda yang bukan dari kalangan : fanatik novel islami, penggiat dakwah kontemporer, atau orang pesantren salaf; anda mungkin akan cukup terganggu dengan beberapa kekurangan yang telah saya sebutkan di atas, terutama masalah sisipan dakwah yang tidak halus dan terkesan menggurui. Akhir kata,  novel ini tetap bisa disebut ‘novel pembangun jiwa’. regrats buat kang Abik !

34 responses to “Mencoba Mengulik Novel Bumi Cinta Karya Habiburahman El-Shirazy

  1. Komentar yang bagus dan bahasa yang pas. Saya punya pendapat sama tapi susah menyampaikannya dengan bahasa anda rasanya pas. Satu hal,kelihatannya Kang Abik terlalu memaksakan Linor cepat “keluar” dari “persembunyiannya” padahal dia mantan agen Mossad yang sangat mempertimbangkan hal-hal detil, seharusnya dia tidak sembarangan masuk Rusia “sebelum waktuny”…. Trims!

  2. menurut saya,cerita ini sangat menakjubkan dan juga menyentuh hati umat islam di mana saja,jikalau membaca novel ini.

  3. Novel’y luar biasa…:)
    banyak pembelajaran yang bisa saya dapat dari novel ini..^^

  4. aduh….,ada kelanjutanya donk,masa’ cerita tentang anastassia palazzo udh gk ada beritanya lgi?
    terus sofianya mati apa gk?
    msh k gantung nih ceritanya

  5. Asalammualaikum wr.wb….

    Novel yang bener2 membawa si pembaca, mendapatkan penegtahuan banyak..
    tentang islam…
    ne novel yang bner2 menyentuh, menakjubkan..
    rugi kalo ga baca buku ini….

  6. aslkm….
    aduh sungguh sayang banget, ceritanya ngegantung….
    di tunggu kelanjutannya gimna,,,penasaran banget….
    buku yang menginspirasi diri untuk mewakafkan diri pada sang khalik…

  7. Saya sependapat dengan pengkaji tentang anastasia palazzo,yang dimana hampir dari awal mendominasi dengan sosok ayyas,tiba-tiba hilang begitu saja..tapi saya bangga dengan kang aby sebagai novelis..tetap berkarya kang..

  8. ho’oh….. si Anastasya kok dengan Mudah dihilangkan dalam cerita si,,,, Ending juga sangat ngeGANTUNG,,,,
    tapi teteP Bgus kok,,, dari AAC, KCB DMC hingga Bumi cinta, Kang Abik Memang SIPPP… aku kolektor Novelnya kang abik Loh,, hihi ^^ padahal baru punya 4 ,,,🙂

    semoga bakalan ada kelanju8tan dari BUMI CINTA,,,, sukur2 settingannya kayak KCB, yang kedua dibikin Udah Pulang Kampung,,, hehe^^

  9. oh…ini to maksudmu habiburrahman “‘menjual’ mimpi tentang dunia romantika”?
    berhubung ak belum baca nih novel *meskipun pengin banget* jadi ga bisa komentar banyak… tapi nurut aq sih sah2 aja kok menjual mimpi di dunia fiksi… soalnya kalo ga gitu ga laris sih novelnya…HarPot, LOTR, Narnia, bahkan Spiderman, semua juga jualan mimpi… Karena manusia itu pada dasarnya ingin bermimpi, ingin melarikan diri dari kenyataan… makanya diciptakanlah KISAH FIKSI… :))

  10. menurut saya tentang tokoh anastasia yang tiba2 menghilang dari plot cerita bukan suatu kelemahan dari novel bumi cinta.. karna di ceritakan bahwa anastasia seorang ilmuwan sejarah sukses itu tertarik terhadap ayas, yang pada akhirnya anastasia ingin ayas menjadi pendamping hidupny namun hal itu tak bisa diwujudkan karna perbedaan prinsip yang benar2 telah mencokol kuat pada ayas dan anatasia.
    tentang ending yang dibilang gantung juga saya tidak setuju karna apabila, malah ending ny bagus dan mengharukan, yang bisa saya simpulkan bahwa sofia mati dalam keadaan syahid dan berada di pangkuan orang yang dicintai ny..

  11. dari novel ini saya banyak mendapat pembelajaran mengenai sejarah tentang rusia,keadaan rusia,tradisi rusia,dan yang tak kalah penting mengenai tentang agama islam di rusia. saya sangat terkesima membaca novel ini..

  12. Endingnya keren, membuat pembaca peansaran dan mungkin jadi haus akan novel kang abik lainnya. Sofia alias linor, ketika dipeluk ayyas sesaat setelah ditembak apakah hidup atau mati, tergantung keyakinan pembaca. Lihat ucapan terakhir Ibu yang menolong mereka, itu adalah jawaban ending cerita ini. Jika kita yakin ama Allah, pasti akan ditolong🙂
    Dr, Anastasia juga sudah jelas, dia berbeda keyakinan jadi dibuat bahwa perbedaan prinsip tetap dihargai dan susah disatuhkan.

  13. 2 hari menghatamkan membaca NOVEL “Bumi Cinta”,
    2 hari pula lah di mana disitu keteguhan hati bertambah.

  14. Karya kang abik lebay bin norak… Pasti tokoh sempurna….padahal genrenya Romance

  15. ya hal yang cukup saya kritik adalah hal tersebut. sudah 3 kali baca novel beliau dan tokoh utamanya karakternya mirip

  16. Assalamualaikum wr wb.
    saya sangat terkesan dengan novel kang abik BUMI CINTA yang sangat membangun jiwa2 para pemuda dan memperkuat iman, yang terus memotivasi KITA agar tetap mengingat Allah dimanapun kita berada dan terus menegakkan kebenaran.
    untuk endingnya saya masih penasaran karena masih belum ada kejelasan,
    Semoga novel keduanya segera diproduksi oleh kang abik….ditunggu yang kang abik…
    Wassalamualaikum wr,wb,

  17. Sedikit menyesal membaca postingan disini, bukan karna postingan ini buruk tapi karna kesalahanku yang belum menyelesaikan membaca cerita ini tiba” sudah mengetahui akhir dri cerita, yang akhirnya membuatku sdkit sedih hehe
    Trimaksih atas postingannya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s