Disini Aku Bermimpi

Waktu itu saya sempat mengkhayalkan sesuatu. Tentang sebuah kehidupan kampus yang sepertinya akan menyenangkan, tidak hanya buat diri sendiri, tapi juga buat lingkungan kita semua.

Mimpi itu dimulai dari suatu siklus di pagi hari.

Mimpi tentang mahasiswa yang ketika berangkat kuliah menyapa para tetangganya yang entah sedang menyapu halaman, membaca koran atau menimang bayinya. Mahasiswa yang ramah dan akrab dengan lingkungan masyarakatnya

Mahasiswa yang memilih berjalan kaki, naik sepeda atau angkot daripada harus menaiki kendaraan pribadi padahal tempat tinggalnya sangat dekat dengan kampus.

Dalam mimpi saya melihat mahasiswa yang melewati daerah Boulevard dan mencoba menyapa para tukang sapu halaman yang sedang bekerja. Pemaknaan akan besarnya nilai salam.

Aku melihat para mahasiswa yang sengaja mengantongi sampah bekas makanannya, untuk kemudian dibuang dan dipilah sesuai jenis sampahnya. Di satu sisi, banyak mahasiswa yang membawa tas kain dan lebih memilih membawa botol minuman sendiri. Ecolifestyle bukan lagi suatu wacana.

Aku melintasi daerah Campus Center dan melihat banyaknya lingkaran-lingkaran. Ada yang berdiskusi isu-isu dalam negeri, ada yang mengaji dan mentoring bersama, ada yang sedang membahas pelajaran, ada yang rapat kegiatan mahasiswa. Sungguh terlihat sangat-sangat produktif, dibanding jaman ketika tempat itu lebih banyak dipakai bermain kartu.

Aku kemudian melihat belajar-mengajar yang terjadi di kelas. Suasana kelas begitu hidup. Dosen mengajar tidak dengan keadaan terpaksa, mahasiswa pun belajar bukan karena merasa dipaksa. Keadaannya benar-benar menyenangkan, suatu pelajaran yang mengesalkan dan menakutkan di jaman dulu dikemas menjadi pelajaran yang menarik oleh sang dosen, terlihat sekali akan kultur manusia-manusia yang haus ilmu.

Aku berkhayal tentang himpunan mahasiswa di kampus ini. Dimana kesia-siaan seperti bermain kartu dan bercanda tak tentu arah sudah mulai berkurang, diganti dengan orang-orang yang sedang membahas tentang karyanya yang akan diikutkan lomba, tentang pengkajian isu kaderisasi yang tidak melanggar HAM, orang-orang yang mempersiapkan aksi massa guna menginformasikan ke masyarakat akan suatu isu.

Aku melihat paras-paras orang yang bersemangat berhimpun, dimana kesadaran bahwa organisasi ini bukan hanya bagi diri mereka sendiri, bahwa ada tanggung jawab keilmuan di sana dan kita dapat melakukannya dengan tidak melupakans semangat soliditas dan kekeluargaan yang dibangun. Mimpi tentang organisasi yang tidak hanya ramai ketika membahas tentang kaderisasi dan wisudaan.

Mimpi ini juga tentang prodi yang telah bisa membuat mahasiswanya bersemangat dalam menimba ilmu. Tidak lagi menjadikan mahasiswa sebagai obyeknya, tapi subyek pendidikan dengan tanpa paksaan dan tekanan.Suatu mimpi yang bukan indeks prestasilah yang didewakan , akan tetapi kepahaman dan konsekuensi tanggung jawab yang didapat.

Aku bermimpi tentan sebuah keluarga  mahasiswa yang benar-benar bisa menjadi keluarga, dimana tidak ada lagi percekcokan dan perselisihan karena hal yang sepele. semua orang saling berjabat tangan dan kenal, mensinergikan masing-masing potensinya untuk kepentingan bersama dan suatu hal yang lebih besar. Tentang kewirausahaan, energi, lingkungan, dan banyak isu lainnya.

Terakhir aku bermimpi tentang mahasiswa yang memiliki mimpi dan mampu menggabungkan mimpi itu dengan mimpi-mimpi orang lain sehingga menjadi mimpi bersama guna membangun lingkungan di luar sana, di luaran kampus gajah.

 

Laksito Hedi Dwi Nugroho

 

One response to “Disini Aku Bermimpi

  1. Halo,

    Salam kenal. Kami menemukan blog kamu ini, setelah menelusuri tautan, dari salah seorang sahabat blogger. Kebetulan, kami memang ingin menyapa mahasiswa dan alumni ITB, yang biasa berbagi rasa dan ilmu di media daring ( blog) maya.

    Kami dari masukitb.com, ingin mengajak blogger yang sedang atau pernah menjadi warga Kampus Ganesha, untuk membagi pengalamannya, bisa berupa artikel teks, foto, bahkan video, seputar kehidupannya, selama belajar di Kampus Ganesha.

    Masukitb.com adalah tampilan kehidupan Kampus Ganesha ITB, wadah bertanya, berdiskusi, dan berinteraksi, antara para mahasiswa atau alumni ITB, dengan para pelajar SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat menjadi bagian dari komunitas ITB. Kami memahami, bahwa banyak sekali yang berminat menjadi warga kampus Ganesha, dan semoga media maya ini, bisa mengurangi kasus salah jurusan, serta membuat siswa SMU lebih mempersiapkan diri, dengan segala dinamika pembelajaran, di Kampus Ganesha.

    Terima kasih banyak, atas kesediaan Kamu untuk berbagi dengan para pelajar SMU se-Indonesia, semoga kebaikannya bisa bermanfaat untuk semua.

    Layanan Produksi Multimedia
    Jl. Ganesha No. 10
    TVST Building
    Bandung 40132, Indonesia
    Phone : +62 22 4254012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s