Catatan Menlu : MK RI, Kemenko Perekonomian RI, Indonesia Mengajar

Rekan, pada hari yang sama dengan ketika kunjungan ke gedung MK, selesai dari gedung MK saya menuju ke gedung kantor Kemenko Perekonomian RI. Saya belum pernah berkunjung ke sini, sekaligus mengantar wakil saya punya tugas untuk mewawancarai salah satu Deputi Menko Perekonomian RI yang kebetulan adalah alumni Planologi, satu jurusan dengan wakil saya. Sedikit berkomentar, gedung kantor ini terlihat sunyi senyap dan sepi. Entah karena memang pegawai yang bekerja di Kementerian ini hanya sedikit (berhubung kerja nya adalah mengkoordinasikan) atau ada alasan lain, saya tidak tahu.

Kembali ke bahasan, inti tugasnya adalah membahas tentang MP3EI koridor timur. Saya pikir, sambil menyelam minum air. Wakil saya bisa mengerjakan tugas akademiknya sekaligus menambah jaringan utamanya apabila kita membutuhkan kajian dan diskusi terkait MP3EI wabilkhusus bidang infrastrukturnya, karena alumni Plano yang diwawancara ini adalah Deputi Bidang Infrastruktur di Kementerian yang dipimpin Ketua IA ITB, Hatta Radjasa.

Selepas dari gedung Menko Perekonomian, menerjang riuh ramai nya kota Jakarta yang seakan tidak pernah sepi jalanannya dari sliweran mobil, saya menuju arah Senayan, ke kantor organisasi nonprofit pimpinan Rektor Paramadina, Anies Baswedan. Saya diundang ke sana oleh pihak Indonesia Mengajar, karena mereka ingin menawarkan kerja sama dengan pihak KM ITB.

Sampai di kantornya, kebetulan Pak Anies Baswedan sendiri baru datang ke tempat tersebut, jadilah saya sedikit berbincang dengan Pak Anies. Topik perbincangan memang lebih banyak mengarah kepada alumni ITB yang telah menjadi Pengajar Muda. Selepas berbincang dengan Pak Anies, diskusi terkait konten kerjasama saya lakukan dengan pihak Indonesia Mengajar, dan hasilnya adalah saya menyepakati untuk terwujudnya kerjasama ini dimana Kabinet KM ITB bertindak sebagai partner dalam acara roadshow Indonesia Mengajar di Sabuga pada Selasa tanggal 29 November 2011. Saat saya mau pulang, ada sedikit perbincangan tentang kehidupan pengajar muda ketika berada di daerah pengiriman, konsep Indonesia Mengajar, dan juga tentang sosok Pak Anies, seperti apa beliau dan apa mimpi-mimpinya, tentu saja saya menambahkan bumbu-bumbu gosip disana, seperti pertanyaan saya tentang apa Pak Anies mungkin akan mengambil peranan di pesta besar 2014?hehe, sedikit intermesso  itu tentu saja.

Terakhir, apa pendapat anda tentang Indonesia Mengajar?apa pendapat anda tentang pendidikan dasar di daerah pelosok yang belum terjangkau akses pemerintah?satu hal yang pasti, pendidikan adalah jalan menuju kesejahteraan. Salam.

Tinggalkan Balasan

