Observasi ke Inacraft 2013

image

Seminggu yang lalu pada hari Sabtu 27 April 2013 saya menyempatkan diri datang ke pameran tahunan yang sudah punya nama nan bergengsi : Inacraft. Sebetulnya dr tahun-tahun yang lalu saya ingin banget ke sini, tapi apa daya gak berkesempatan.

Niatan saya datang acara ini adalah belanja ide. Ya kalau ada barang yang benar-benar menarik ya belanja juga sih (tapi pulang-pulang saya tidak beli apapun :D). Barangkali saja banyak karya inovatif yang bisa di ATM atau setidaknya ditawari kerjasama.hehe.

Pertama datang, venue nya luas sekali.ngeliat peta denah stand jadi pusing sendiri saking banyaknya stand. Akhirnya dicobalah keliling satu demi satu.

Dari melihat satu demi satu ini, sebenarnya banyak sekali craft menarik yang kadang kita sendiri tidak pernah membayangkan benda seperti itu bisa dibuat. Ada yang berbahan kain perca, kayu, dan yang paling menarik minat saya adalah patung-patung yang terbuat dari kertas koran. Menarik sekali.

Sayangnya dari sekian banyak stand ini, mayoritas pengisi stand menjual batik. Beberapa gelintir saja yang tidak menjual kain dan lebih menonjolkan karya unik lainnya. Ya benar saya paham bahwa motif dari batik itu pasti berbeda-beda tergantung filosofi si pembuatnya. Saya pun bisa melihat perbedaan yang mendasar antara tenant batik satu ke batik yang lainnya.

Hanya tetap bagi saya yang mempunyai ekspektasi kalau Inacraft itu memuat karya-karya menarik dan inovatif, agak sedikit tidak mencapai ekspektasi saya sih yang ditampilkannya. Mungkin karena tadi yang saya bilang, terlihat terlalu homogen produk yang dipajang, kurang variatif.

Mungkin ini bisa jadi kritik untuk panitia ke depannya, semoga Inacraft lebih baik lagi di tahun-tahun ke depan. Dan semoga industri kreatif kita makin melaju lagi di tahun-tahun ke depan, penjualannya semakin meningkat dan turut serta membangun kesejahteraan masyarakat. Percaya Indonesia Bisa🙂

One response to “Observasi ke Inacraft 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s