Membidik Pasar Retail Masa Depan

“10-20 tahun lagi, ritel minimarket mungkin akan lenyap”. Sebuah kalimat yang saya kutip dari media massa, yang dikatakan oleh pemilik merk Alfamart sendiri.

Kalau sampai penguasa utama bisnis minimarket sendiri sampai berkata seperti itu, berarti hal ini patutlah kita tanggapi secara cukup serius.

Di masa depan, mungkin akan banyak sekali masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan yang tidak menyempatkan waktu lagi bahkan untuk sekedar mampir di ritel modern seperti minimarket untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Di sisi lain, orang mengatakan bahwa dunia ini makin datar. Semua kebutuhan kita seakan dapat dipenuhi oleh kotak kecil yang ada di tangan kita. Dengan tingkat penetrasi internet yang luar biasa, bolehlah kita berasumsi bahwa di masa depan, ketergantungan manusia terhadap smartphone -atau benda sejenisnya- di masa depan akan semakin besar. Bagi sebagian orang, hal ini jadi solusi.

Dua hal di atas mengerucut pada konklusi bahwa : nanti seseorang hanya butuh sentuh tombol sana-sini di gadget nya untuk kemudian mendapatkan wortel, sawi, susu sampai pasta gigi dan shampo sampai langsung di depan rumahnya. Hal yang sudah mulai terjadi saat-saat ini dimana mulai banyak bermunculan penjual seperti ikan segar, susu dan lainnya di ranah online.

Bukan tidak mungkin hal di atas benar-benar jadi suatu hal yang lumrah di masa depan. Asalkan dapat dipastikan faktor kenyamanan berbelanja nya diantaranya kemudahan cara transaksi, kualitas produk aslinya dan ketepatan waktu pengantaran.
Tentu semuanya hanya rekaan saja, lagipula tidak mudah mengubah suatu kebiasaan lama orang Indonesia yang lebih suka melihat langsung barangnya. Namun dengan semakin cepatnya dunia ini berubah, tentu para pelaku ritel konvensional harus mulai cemas. Tidak ada yang tahu masa depan kan?

2 responses to “Membidik Pasar Retail Masa Depan

  1. pasar retail masih ada, tapi cara pendekatan ke customers-nya yang perlu dirubah ^_^ karena seperti yang kamu tulis, to, “nanti seseorang hanya butuh sentuh tombol sana-sini di gadget nya untuk kemudian mendapatkan wortel, sawi, susu sampai pasta gigi dan shampo sampai langsung di depan rumahnya.”

    sudah saatny retailer melirik mobile app untul toko retail mereka😉

  2. @bella : betul bel, mungkin nanti pemain konvensional akan mengembangkan sayapnya dengan bermain memasang mobil app🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s